5 Tips bagi anak muda Jadi Entrepreneur sukses

 

5 Tips bagi anak muda Jadi Entrepreneur sukses

Sahabatranoalfath.com, Banten –  Sebagian Anak muda selalu ingin mempelajari hal baru, tak terkecuali dengan keinginan para generasi muda untuk terjun di bidang bisnis. Di dalam dunia bisnis tidak pernah ada cara “instan” untuk menjadi seorang entrepreneur yang sukses. Kita harus melewati berbagai macam rintangan, tantangan, bahkan hambatan yang akan selalu menjatuhkan kita. Kebanyakan entrepreneur sukses mengikuti suatu pola yang hampir sama. Banyak artikel dan buku mengklaim bahwa mereka mengetahui kunci kesuksesan dan cara menjadi entrepreneur yang sukses,

Berikut ada 5 Tips dari sahabat rano alfath  bagi anak muda untuk jadi seorang entrepreneur yang bias dijadikan acuan untuk meraih kesuksesan dalam bisnisnya.

1. Cintai Bisnis Anda

Passion adalah kunci dari bisnis yang akan terus berjalan. Jika Anda menjalankan suatu bisnis dengan setengah hati, maka presentase kegagalan bisnis akan  menjadi cukup besar. Dalam dunia bisnis, kita pasti akan berkali-kali jatuh, dan disaat itulah passion satu-satunya hal yang dapat membangkitkan kita kembali. Sebagai contoh, Abraham Lincoln gagal hampir dari semua usahanya sampai ia beranjak tua, tetapi ia tidak pernah menyerah. (Alton, 2015)

 

2. Fokus dalam Bisnis

Seringkali seorang entrepreneur pemula seakan tidak sabar untuk ‘mengambil’ semua peluang bisnis yang ada. Padahal sebagaimana diketahui, peluang selalu tampil bak serigala berbulu domba; serba tidak pasti. Melakukan berbagai jenis usaha pada saat bersamaan bukan hanya membutuhkan banyak sumber daya, melainkan juga akan membagi fokus Anda sehingga boleh jadi semua yang sudah Anda rintis sebelumnya akan berakhir dengan sejumlah kegagalan.

 

Sebaiknya lakukan satu hal secara sempurna, daripada membuat 10 hal yang tidak berhasil sempurna. Jika Anda merasa perlu untuk meloncat ke proyek lain, sebaiknya itu merupakan ide bisnis Anda sendiri, jangan mudah terpengaruh dengan ide bisnis orang lain sebelum Anda benar-benar telah eksis dengan bisnis saat ini.

 

3. Terus melakukan Inovasi

Kunci dari berbisnis adalah bagaimana Anda bisa membuat sesuatu yang inovatif. Inovatif adalah kemampuan membuat ide baru untuk menjadi produk atau jasa yang berguna. Tentu produk atau jasa yang berguna bagi masyarakat. Tidak ada waktu yang tepat selain diumur 20 tahun ketika membuat ide-ide gila. Kebanyakan para entrepreneur sukses di dunia mempunyai ide di umur 20 tahun dan mereka berani mengaplikasikannya.

Bagaimana bisa punya pemikiran yang inovatif? Perhatikan lingkungan sekitar Anda, apakah ada sesuatu yang mengganjal. Buat ide-ide kreatif dan jangan ragu untuk memulainya. Dan jangan sekali-sekali menganggap kritik itu batu sandungan.  Produk sekarang yang sedang naik daun karena mereka mau menerima kritik yang membangun. Inovatif merupakan salah satu tips entrepreneur yang cukup berharga.

 

4. Belajar dari Kegagalan

Tidak ada suatu bisnis atau rencana bisnis yang dapat memprediksi masa depan atau sepenuhnya dapat mempersiapkan Anda untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses dalam bisnisnya. Janganlah Anda untuk berpindah langsung ke bisnis baru tanpa pemikiran yang matang ataupun perencanaan yang baik. Tetapi jangan pula Anda menunggu terlalu lama untuk mengeksekusi sebuah peluang bisnis yang memiliki tingkat kesuksesan yang tinggi. Jangan lupakan satu hal yang penting tentang bagaimana Anda belajar dari setiap kegagalan yang terjadi, karena kegagalan itu adalah guru terbaik untuk mencapai sebuah kesuksesan bisnis Anda.

 

5. Berani Ambil Resiko

Berpikir out the box dan berani ambil risiko adalah tips pertama yang harus dimiliki oleh para entrepreneur muda. Mengambil risiko disini adalah berani membuat keputusan dan bertindak. Kebanyakan para entrepreneur muda masih menunggu untuk membuat bisnis, menunggu modal atau menunggu banyak pembeli dahulu. Yang dibutuhkan para entrepreneur ini adalah bagaimana dapat fokus dalam bisnisnya tersebut. Menurut survey di Eropa, tidak ada waktu yang tepat selain mengambil risiko diusia 20 tahunan. Itulah tips entrepreneur yang pertama.

 

Semoga tips dari sahabat rano alfath ini  dapat membuat Anda berfikir secara matang tentang apa yang akan Anda lakukan pada bisnis Anda, sehingga akan membuat Anda sukses sebagai entrepreneur pada jenjang karir di usia Muda Anda.

 

Writing by : Moh. Rano Alfath, SH,. MH

Categories: Entrepreneurship

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *