Cara Membuat Ide Bisnis Menjadi Nyata

 

 

Cara Membuat Ide Bisnis Menjadi Nyata

 

 

Sahabatranoalfath.com, Tangerang –  Saya sering kali merasa takjub dengan teman – teman sahabatranoalfath.com di media social yang memberikan update terbaru atas apa yang mereka lakukan. Tidak semuanya membuat takjub sih, tapi ada beberapa yang dengan kreatifitasnya membuat saya geleng – geleng kepala.

Banyak di antara kita yang mungkin punya ide bikin blog yang bagus, menarik, dan bisa membuat orang tahan berlama – lama di blog tersebut.Banyak di antara kita yang mungkin ide untuk membuat program, komunitas, atau bisnis yang mungkin akan sangat laris apabila diluncurkan. Namun, seringkali yang terjadi ide – ide tersebut hilang, terlupakan, dan tidak pernah diwujudkan.

Saya baru saja kemarin membaca sebuah buku tulisan Scott Belsky tentang Making Ideas Happen. Intinya di buku itu menjelaskan, bagaimana sih caranya agar kita bisa mewujudkan segala ide yang bermunculan di kepala kita? Karena sesungguhnya tantangan terbesar kita di era informasi ini bukanlah menghasilkan ide yang keren.

Tantangan terbesar kita di era ini yang sebenarnya adalah bagaimana mewujudkan ide – ide yang ada.

Lalu, bagaimana sih caranya mewujudkan ide yang ada di kepala kita? Ada 3 hal yang perlu diperhatikan:

  • Pertama adalah fokus eksekusi. Ketika kita mendapatkan ide – ide baru, coba kita catat terlebih dulu. Terlepas kapan kita akan melaksanakannya, yang penting tercatat dulu. Dari ide – ide tersebut, kemudian kita pilih mana yang ingin difokuskan. Fokuskan pengerjaannya yang bisa diwujudkan dalam 1 – 3 bulan. Setelah itu kita buat breakdownaktivitas kecil – kecil harian yang bisa kita ‘cicil’ agar kita bisa mewujudkan ide tersebut.
  • Kedua adalah community force, atau kekuatan komunitas. Maksudnya adalah apabila kita memiliki ide, maka libatkanlah orang lain untuk mewujudkan ide tersebut bersama – sama. Ide itu akan sangat sulit apabila dikerjakan sendirian. Carilah teman yang bisa melengkapi diri kita. Misalnya, jika diri kita adalah seorang eksekutor atau doers, maka libatkan orang yang banyak memiliki impian dan mimpi – mimpi kreatif (dreamer). Dengan melibatkan orang lain yang merupakan pelengkap diri kita, maka peluang terwujudnya ide kita akan semakin besar.
  • Ketiga adalah leadership capability, atau kapasitas kepemimpinan diri kita. Pada akhirnya, memang diri kitalah yang menentukan apakah kita dapat mewujudkan ide tersebut atau tidak. Kemampuan kita memimpin diri sendiri, seperti mengatur waktu, berani mengambil risiko, ulet, gigih, dan disiplin menjadi kunci penting agar kita dapat mewujudkan ide – ide kita.

Semoga tulisan  ini dapat membantu kawan-kawan untuk mewujudkan ide – ide brilian yang banyak melintas di kepala.

Bagaimana menurut teman teman sahabatranoalfath.com ? Setujukah dengan pendapat saya di atas?

 

Categories: Entrepreneurship

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *